Ingatkah pada awal-awal kemunculan covid-19 pada Desember 2019 lalu? Masyarakat berbondong-bondong memborong masker dan hand sanitizer. Menyebabkan kedua produk tersebut melonjak berkali-kali lipat dari harga normal. Apalagi karena sebagian oknum melakukan penimbunan, membuat masker dan hand sanitizer sangat langkah. Perlahan harga masker dan hand sanitizer kembali ke harga semula karena banyak pabrik yang memproduksi produk masker dan hand sanitizer.

Apakah masker efektif mencegah penularan covid-19?

Sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu kasus yang terjadi di Korea. Muncul cluster baru yang terjadi di kedai kopi Starbucks yang berlokasi di utara kota Seoul, Korea Selatan. Awalnya seorang penderita covid-19 pergi ke kedai kopi tersebut pada 25/8/2020. Selang beberapa hari kemudian lebih dari 20 orang yang mengunjungi kedai itu terkonfirmasi positif covid-19. Tetapi seluruh karyawan yang bekerja di kedai tersebut sama sekali tidak ada yang tertular virus. Para karyawan ini tidak tertular karena mereka mengenakan masker sepanjang waktu. Kasus penularan covid-19 di Korea Selatan ini menjadi salah satu bukti bahwa mengenakan masker dengan benar, efektif dalam mencegah penularan virus corona.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan social distancing, mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap dirumah aja, jika tidak ada kepentingan mendesak.

 

Leave a comment